728x90 AdSpace

[URL=http://www.4shared.com/document/zgFNm5ZSce/___-__.html]هل ترانا نلتقي - رامي محمد.swf[/URL]
Latest News
Thursday, 9 October 2014

Setiap Hari Selasa Sumut Canangkan 'One Day No Rice'

Tarqiyah : Badan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan mencanangkan gerakan one day no rice atau satu hari tanpa nasi setiap hari Selasa.

Gerakan ini akan dicanangkan Gubsu Gatot Pujo Nugroho pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 di halaman Kantor DKP Sumut Jalan Jenderal Besar AH Nasution, Selasa (14/10).

"Nantinya setiap instansi pemerintah dan seluruh masyarakat Sumatera Utara diimbau untuk tidak mengonsumsi nasi setiap hari Selasa. Ini karena konsumsi beras kita termasuk tertinggi dibanding negara Asean lainnya. Makanya kita canangkan gerakan ini," kata Kepala DKP Sumut Suyono didampingi Kabid Konsumsi Mutu dan Keamanan Pangan Eric Aruan dan Kasubbid Konsumsi Ernita Sabri kepada wartawan di kantornya, kemarin.

Menurut Suyono,. selama ini impor beras Indonesia cukup tinggi. Bakan, biaya untuk mengimpor beras cukup besar dan bisa digunakan untuk pembangunan lainnya.

Eric menambahkan, sebagai pengganti sumber karbohidrat dari nasi, bisa mengonsumsi, jagung, ubi, talas dan pisang. "Memang awalnya sulit tapi kalau sering dilakukan menjadi biasa. Dan, agar makanan itu enak dikonsumsi maka cara mengolahnya juga harus dimodernisasi," katanya.

Pencanangan satu hari tanpa nasi ini lanjut Eric sekaligus dalam rangka kampanye pola makan manggadong. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) No 501/8726 tahun 2011 tentang Program Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya dan Budaya Lokal.

"Jadi, kita mengimbau kembali agar Surat Edaran Gubsu itu benar-benar diterapkan mengingat program penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal sangat banyak manfaatnya terlebih dalam mengurangi konsumsi nasi yang saat ini jumlahnya masih tertinggi di Asean," ujarnya.

Pada peringatan HPS, lanjut Eric pihaknya juga menggelar lomba masak dengan bahan non beras. Lomba ini diikuti BKP se Sumut. "Pemenangnya akan mengikuti lomba memasak dengan bahan non beras pada peringatan HPS tingkat nasional," ujarnya.

Rangkaian peringatan HPS tingkat nasional akan digelar di Makassar pada 6-11 November mendatang. (gie/im/pksklpd)

 Wallahu A‘lam.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kontak Gema Dakwah : admin@gemadakwa.com

Item Reviewed: Setiap Hari Selasa Sumut Canangkan 'One Day No Rice' Rating: 5 Reviewed By: Tarqiyah Online