728x90 AdSpace

[URL=http://www.4shared.com/document/zgFNm5ZSce/___-__.html]هل ترانا نلتقي - رامي محمد.swf[/URL]
Latest News
Saturday, 6 September 2014

Pasokan Gas Qatar Bisa Bertahan 500 Tahun

Tarqiyah : Bogor - Pemerintah membeberkan kebutuhan gas domestik kian meningkat. Namun pasokan ini terbilang tak besar ketimbang negara-negara lain.
Sekretaris Ditjen Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hufron Asrofi menuturkan, dibandingkan negara Qatar, pasokan gas Indonesia hanya akan bertahan beberapa puluh tahun saja.

"Cadangan gas bumi masih banyak. Cukup puluhan tahun tapi nggak banyak seperti negara Qatar. Maaf kalau bisa ngomong negara Timur Tengah itu bisa bertahan 500 tahun lagi pasokan gasnya," katanya di Bogor, Sabtu (6/9/2014).

Ia mengakui, pertumbuhan ekonomi dan sektor industri yang kian tinggi membuat kebutuhan gas terus meningkat. Apalagi pemerintah juga mendorong pemakaian gas bagi sektor kelistrikan.

Atas dasar itu, pemerintah memberi instruksi kepada PT PLN (Persero) untuk membangun pembangkit listrik yang bersumber dari batubara. Dari instruksi ini diharapkan sumber pasokan gas bumi dari domestik bisa diarahkan bagi kepentingan pemenuhan energi di sektor strategis.

"Sekarang kan banyak yang minta gas. PLN juga minta pasokan gas. Karena itu pemerintah mengharapkan kepada PLN bangun pembangkit yang bersumber dari batubara. Alokasi gas domestik bisa diarahkan bagi pupuk, rumah tangga ataupun sektor industri," katanya.

Meski demikian, untuk distribusi gas bagi kegiatan rumah tangga masih sangat minim. Hal ini terjadi lantaran minimnya pembangunan infrastruktur jaringan gas bagi wilayah-wilayah yang memang memiliki potensi sumber gas bumi.

"Ya ironisnya infrastruktur jaringan gas untuk rumah tangga ini masih sangat minim. Banyak gas tapi belum dimanfaatk secara maksimal," tutur dia. [jin/inilah]

 Wallahu A‘lam.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kontak Gema Dakwah : admin@gemadakwa.com

Item Reviewed: Pasokan Gas Qatar Bisa Bertahan 500 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Tarqiyah Online