728x90 AdSpace

[URL=http://www.4shared.com/document/zgFNm5ZSce/___-__.html]هل ترانا نلتقي - رامي محمد.swf[/URL]
Latest News
Monday, 8 September 2014

MNLF-Filipina Perang Lagi, 116 Ribu Mengungsi

Tarqiyah : Zamboanga -- Ribuan orang meninggalkan Zamboanga, kota terbesar di selatan Filipina, menyusul tiga pekan pertempuran kota yang melibatkan gerilyawan Moro National Liberation Front (MNLF) dan militer Filipina.

Lebih 240 orang tewas dalam pertempuran itu. Situs gmanetwork.com melaporkan 13 ribu pengungsi memadati stadion olahraga dalam kondisi menyedihkan.

Pengungsi harus antre sedemikian panjang untuk mendapatkan air dari kran. Vilma Diosma, wanita usia 43 tahun, harus berbagi tenda dengan anak-anak muda dan keluarga lain di stadion olahraga.

"Jika ingin menggunakan toilet, Anda harus mengantri dan membawa ember endiri," ujar Diosma. "Saya benar-benar menderita."

Pemerintah Filipina tidak punya uang untuk mengatasi situasi ini. Bahkan, dalam situasi tanpa konflik pun, penduduk Filipina hidup serba kurang fasilitas.

Kantor berita AFP melaporkan sepuluh persen, atau sekitar 116 ribu warga sipil Zamboanga meninggalkan rumah mereka sejak MNLF berdatangan dari pulau-pulau sekitar.

Nur Misuari diduga mengorganisir pertempuran, menyusul perjanjian yang gagal antara MNLF dengan Moro National Liberation Front (MILF).

Tahun 1996, MNLF meneken perdamaian dengan pemerintah Filipina. Nur Misuari mendapat kekuasaan di sejumlah propinsi, dan menggabungkannya ke dalam Kawasan Otonomi Muslim Mindanao (ARMM).

MILF baru saja mencapai kesepakatan damai dengan Manila. Filipina memberikan wilayah ARMM, plus beberapa propinsi dan kantong-kantong Muslim yang diklaim MILF. MILF berencana mendirikan Kawasan Otonomi Bangsa Moro.

Misuari marah, dan memberontak lagi. Sebagai figur paling berpengaruh, Misuari masih bisa mengerahkan pasukan dan bertempur. [tst]

 Wallahu A‘lam.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kontak Gema Dakwah : admin@gemadakwa.com

Item Reviewed: MNLF-Filipina Perang Lagi, 116 Ribu Mengungsi Rating: 5 Reviewed By: Tarqiyah Online