728x90 AdSpace

[URL=http://www.4shared.com/document/zgFNm5ZSce/___-__.html]هل ترانا نلتقي - رامي محمد.swf[/URL]
Latest News
Monday, 3 March 2014

Dr. Raghib As-Sirjani Sampaikan Ceramah Peradaban Islam di IBF

Tarqiyah : JAKARTA - Ilmuwan terkemuka asal Mesir Dr. Raghib As-Sirjani memberikan ceramah dengan tema Jejak Peradaban Islam di acara Islamic Book Fair (IBF) Istora Senayan Jakarta, Sabtu 1 Maret.

Dalam ceramahnya, Dr. As-Sirjani mengungkapkan alasan dibalik minatnya meneliti dan menulis tentang peradaban Islam. Beliau prihatinan terhadap banyaknya ulama di bidang sejarah yang lebih sering bercerita dari sisi peperangan di zaman rasul dan sahabat.

Dr. Raghib As-Sirjani yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam ini ingin memberikan warna baru dalam buku-buku sejarah Islam yang lebih banyak   menonjolkan sisi peradabannya, seperti bagaimana dampak dakwah sehingga non muslim pun kala itu bisa masuk Islam.

Setelah selesai ceramah tentang eradaban Islam, beliau melakukan sesi ramah tamah dan tanya jawab dengan sejumlah media Islam.

Salah seorang bertanya kepada Tokoh Pergerakan Islam kelahiran Mesir ini tentang penisbatan Daulah Fathimiyyah kepada Fathimah binti Rasulillah.

“Berkaitan dengan apa yang disebut Daulah Fathimiyyah, sebenarnya penamaan ini tidak benar. Yang benar adalah Daulah Ubaidiyyah. Orang-orang Syiah Isma’iliyyah mencoba untuk mengelabui dengan menisbatkannya kepada Fathimiyyah yaitu Puteri Nabi Fathimah bin Rasulillah shallallahu ‘alaihi wasallam. Namun daulah ini dinisbatkan kepada Ubaidillah Mahdi. Dia seorang yahudi.  Maka yang benar adalah kita menyebutnya Daulah Ubaidiyyah bukan Fathimiyyah” tutur beliau.

Mereka syiah paling kriminal karena sampai menuhankan Ali. Ketika Salahuddin al Ayubi menyerang Bbani Fathimiyyah,  beliau pernah berkata kala itu, "Kita tidak bisa mengalahkan yahudi sebelum mengalahkan syiah."

Menurutnya, Mesir adalah negara sunni 100%. Sulit untuk menemukan entitas syiah di Mesir. Sulit pula untuk merubah orang sunni ke syiah karena mereka sudah berpegang teguh.

Dr Raghib juga menekankan sekali tentang pentingnya peranan wanita dalam kebangkitan peradaban Islam. Wanita memiliki peran yang lebih vital 3 kali lipat dibandingkan lakilaki. Oleh sebab itu, beliau sangat menekankan penting bagi umat untuk memberikan perhatian 3 kali lipat pada kaum wanita. Contohnya menghindari eksploitasi pada wanita seperti harus bekerja seperti laki-laki.

Dr. Raghib Al Sirjani lahir pada tahun 1964, di Provinsi Gharbiyyah, Mesir. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Kairo dengan  predikat Summa Cumlaude tahun 1988. Kemudian meraih Master di Universitas yang sama tahun 1992.

Disertasi doktoral terkait Operasi Urologi dan Ginjal beliau tulis dibawah bimbingan gabungan antara kedokteran Mesir dan Amerika, dan menyelesaikannya dengan istimewa pada tahun 1998. Untuk Al-Quran, beliau menamatkan hafalannnya pada tahun 1991. [md/to]

 Wallahu A‘lam.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kontak Gema Dakwah : admin@gemadakwa.com

Item Reviewed: Dr. Raghib As-Sirjani Sampaikan Ceramah Peradaban Islam di IBF Rating: 5 Reviewed By: Tarqiyah Online